Memilih Warna Cat Rumah

Seringkali terjadi keraguan dalam memilih warna-warna untuk rumah, dalam hal ini terutama cat dinding. “Warna apa yang cocok?” atau “Warna ini bagus apa tidak?” atau “Warna ini bagusnya dipakai di sebelah mana?”
Dan ketika dihadapkan pada berbagai pilihan warna, biasanya akan terjadi kebingungan dan pada akhirnya memilih (lagi-lagi) warna aman, yaitu putih beserta variasi nuansanya agar terhindari dari resiko “salah warna”. Padahal dunia ini begitu kaya dengan warna.

Tahukah Anda, warna dapat menimbulkan kesan tertentu, bahkan dapat mempengaruhi mood atau perasaan manusia? Selanjutnya…

About these ads

74 thoughts on “Memilih Warna Cat Rumah

  1. Atap rumah saya multirup berwarna biru, saat ini saya bersama suami kebingungan memilih warna cat rumah yang sesuai dengan warna atapnya. Saya mohon bantuannya warna apa yang bagus dan sesuai dengan atap rumah saya. Terima kasih sebelumnya.

  2. Sebenarnya saya bukan ahli warna ataupun design rumah. Saya hanya orang yang punya ketertarikan dengan dunia arsitektur. Namun saya akan coba bantu dengan postingan saya yang berjudul “Kombinasi Warna”, sebuah artikel kutipan dari sebuah buku berjudul sama. Semoga membantu.

    • saya ingin memilih warna oren dan warna krim susu di dalam rumah, adakah ia sesuai jika di gandingkan dengan warna tersebut. dan satu lagi apa warna yang sesuai untuk cat luar rumah.Please bantu aku ….aku tengah bingung memikirkannya

  3. Dear mba ratna,

    Mohon bantuannya warna apa yang bagus untuk cat dpn rumah semi-minimalis.
    selain warna hijau. Warna yang saya harapkan bisa membuat rmh berkesan besar dan menarik.

    Sebelumnya terima kasih atas sarannya.

    regards,
    Reno

  4. Dear mba ratna,

    Saya ingin mengecat depan rumah saya dengan warna coklat muda, warna apa yang cocok untuk daun pintu, kaca jendela dan kusen nya juga pagar. Sedangkan untuk dibagian dalam, ruang tamu, ruang keluarga dan kamar, misalnya warna apa yang cocok digunakan mengingat furniture yang ada kebanyakan dari kayu jati yang berwarna kayu dan warna merah untuk jok kursinya.
    Warna yang saya harapkan bisa membuat rumah berkesan luas dan menarik.

    Sebelumnya terima kasih atas sarannya.

    Yessy Chriastianty

  5. rumah sewa saya agak kecil ruangnya.warna apakah yang sesuai bagi rumah yang ruang kecil,saya minat dengan warna hijau lembut atau merah dakah ia sesuai.

  6. saya ingin mengecat rumah bagian luar dengan warna hijau kombinasi kuning dan sedikit putih utk relief. warna kuning yang saya beli terang. warna hijau yang bagaimana yang pantas untuk dikombinasikan dengan warna kuning tsb. Thx ya mbx ats masukannya

  7. saya nak cat umah bahagian ruang tamu,tapi x tau nak pilih warna apa…kalau boleh saya nak nampak ruang tamu yg luas…tolong saya pilih warna yang sesuai.

  8. Siang mbak,…

    Saat ini saya lagi merenovasi rumah dengan bentuk atap limasan dengan denah seluruh rumah berbentuk huruf L. Tiang teras dan pilar diberi tekstur minimalis, daun jendela diatasnya dberi lobang angin kotak serta diberi tambahan dak topi topi.

    Rencana tembok luar akan dicat dengan warna abu abu tua, dan kusen warna kayu.

    Pertanyaannya : warna apa lagi yang cocok dipakai untuk tiang teras, lisplang, dak topi topi. Apa sekiranya perlu dibuat ban, karena saya takut kalau mayoritas abu abu akan terlihat monoton.

    Terima kasih

  9. Siang Mbak,

    Mohon bantuannya, saya ingin warna rumah di dalam orange, apa yang cocok untuk warna cat plafon dan cat diluar rumah, serta warna cat untuk kusen.
    Terima kasih

  10. saya nak cat bilik saya.tapi sy x tau nak cat dgan warna ape.sy nak padankan dgan cadar katil saya yang berwarna biru awan.

  11. saya nak cat bilik saya.tapi sy x tau nak cat dgan warna ape.sy nak padankan dgan cadar katil saya yang berwarna biru muda.

  12. rumah yang saya bangun sudah hampir pada tahap pengecatan,tapi sampai saat ini saya masih bingung memilih warna yang pas buat setiap ruangnya,tolong berikan saya panduan tentang contoh warna yang baik disetiap ruang rumah saya………..trim………

  13. Siang ibu,
    Saya mau cat dinding rumah dgn warna yang lembut rencananya dgn hijau muda. Warna apa yang cocok untuk di luar/teras rumah? Kalau teras rencananya warna abu-abu dipadukan dengan putih. Tolong dibantu ya bu. Trimakasih.

  14. Siang ibu,
    Saya mau cat dinding rumah dgn warna yang lembut rencananya warna hijau muda. Warna apa yang cocok untuk di luar / teras rumah? Kalau teras rencananya warna abu-abu dipadukan dengan putih. Tolong dibantu ya bu. Trimakasih.

  15. selamat pagi,
    saya mahu cat ruang tamu 2 colour…masaaalah saya ialah warna.warna sofa dan langsir saya colour oren jadi apa warna yang sesuai untuk didnding rumah saya

  16. Selamat pagi,
    saya ingin mengecat dinding ruang tamu, bilik dan dapur ( rumah apartment )dengan warna-warna yang ceria dan lembut bersesuaian dengan emosi saya ‘happy go lucky’ tetapi tidak dapat dan tidak tahu memilih warna cat yang bersesuaian.

  17. selamat pagi

    saya ingin megecat rumah dgn 2 colour..gabungan warna yg macam mana sesuai utk pengetahuan rumah saya luas mamanjang tetapi keadaan nya nampak gelap

  18. dear mbak
    saya baru aja mau buat rumah type 54 dengan gaya minimalis,warna apa yang cocok untuk luar dan dalamnya biar kelihatan cerah dan berkelas sekaligus nyaman,tx a lot

  19. dear mbak ratna.
    saya juga bingung memberi warna ruang rumah saya

    ada 2 ruang
    1. ruang tamu. dg keramik putih ingin di cat warna yang sejuk tidak nyolok
    2. Ruang keluarga dengan keramik warna krem, ingin di cat 2 atu lebih warna yang cerah tapi gak terkesan warna.

    rumah baru di renovasi depan udah di cat abu abu.

    kalo bisa kirimi saya “kombinasi warna” pengen tau juga mbak. kalo bisa plus foto foto aplikasinya.

    terima kasih

  20. dear mbak ratna.
    saya juga bingung memberi warna ruang rumah saya

    ada 2 ruang
    1. ruang tamu. dg keramik putih ingin di cat warna yang sejuk tidak nyolok
    2. Ruang keluarga dengan keramik warna krem, ingin di cat kombinasi 2 atau lebih warna yang cerah tapi gak terkesan norak.

    rumah baru di renovasi depan udah di cat abu abu.

    kalo bisa kirimi saya “kombinasi warna” pengen tau juga mbak. kalo bisa plus foto foto aplikasinya.

    terima kasih

  21. mbak ratna
    tolong bantu dong, saya lagi mau cat dinding luar rumah dengan nuansa orange. untuk padu padan warnanya seperti jendela di cat warna apa? dindingnya? profilnya? tiang teras?

    terus warna pagarnya yang cocok seperti apa dinding dan besinya?

  22. Assalamualaikum Mbak Ratna. . .
    Tolong advis untuk warna rumah dengan gaya minimalis dong
    Saya suka beragam warna
    Terimakasih

  23. Saya bingung mau warna apa untuk bagian depan rumah,ruang tamu,kamar tidur,ruang tengah,kamar mandi & warna buat dapur,tolong yach mba saya minta pendapatnya,yang enak dilihat warna apa aja,makasih sebelum dan sesudahnya.

  24. Yth Mbak Ratna.
    Rumah saya dalam tahap finishing. saya bingung untuk buat kombinasi warna cat baik untuk interior maupun exterior. juga saya ingin cat yg berbeda untuk tiap ruangan. mohon bantuannya. t.kasih.

  25. Ass. Mba Ratna,
    Cara agar Cat luar untuk kusen jendela yang tahan cuaca (hujan+panas) awet bagaimana ?
    Soalnya saya sudah berulang kali mencecatnya, masih ajah rusak. Mohon petunjuk dan cara mengatasi serta menggunakan apa agar kusen jendela luar awet dan tahan lama terhadap cuaca (hujan+Panas). Ditunggu bantuannya. Terima kasih

  26. Assalamualaikum Ibu,
    Saya lagi bangun rumah,pingin cat rumah saya kombinasi antara kuning-orange atau hijau muda. Saya agak kesulitan memilih cat buat propil teras. Saya lebih cocoknya ke kuning-orange. minta bantuannya ya!

  27. mba ratna,
    saya lagi bingung milih warna untuk kamar tidur, maunya sih warna yang terang cuma masih ragu apa cocok untuk kamar tidur warna sepeti orange di padu dengan warna coklat susu ? atau minta masukan warna apa yang cocok, terima kasih.

  28. siang mba,.,,,,,saya lgi buat warnet,skrang dalam tahap pengecetan rukoX.,,cat dinding hijau muda,plafonX kuning telur,rngka bangunan warna merah..kra2 wrna kmar/blikX ap yah yang nyambung dengan temaX.,,,

  29. ASSALAMUALAIKUM,
    Saya mau tanya masalah warna paduan ruang tamu dengan ruang tengah atau ruang keluarga, saya mau warna ruang tamu warna biru terong dan ruang tengah warna kuning bagaimana apakh itu bagus atau tidak.

  30. bu saya bingung bwt cat rumah ruang tamu pengen warna terang tapi lembut, rencana cat tembok luar abu2 dan merah terang. mohon bantuannya bu,terimz kasih

  31. saya mempunyai masalah nk menentukan warna bilik,
    disebabkan bilik saya kayu…so,
    warna apakah yang sesuai dipadankan dgn perabot(set bilik) berwarna hitam.dan frame pintu sekali…

  32. Mbak ratna,
    Warna lantai teras rmh saya brwarna hitam,.
    Saya mau tanya, utk terlihat terang, dindingnya menurut mbak ratna harus warna apa selain warna putih?
    Terima kasih sebelumnya..

  33. rumah saya minimalis, kebetulan saya d suami bingung untuk cari cat yg cocok baik untuk diluar mauppun di dalam rumah. pagar warna hitam, kusen d pintu warna biji salak, kebetulan tampak depan sudah ada batu sirih didepan dan samping. untuk gordeng warna perpaduan hitam d putih.mohon petunjuknya. tq

  34. assalamualaikum ibu Ratna
    Rumah saya dlm tahap Finishing, saya bingun memilih kombinasi warna cat rumah minimalis, terimakasih atas bantuannya.

  35. rumah yang saya bangun sudah hampir pada tahap pengecatan,tapi sampai saat ini saya masih bingung memilih warna yang pas buat setiap ruangnya,tolong berikan saya panduan tentang contoh warna yang baik disetiap ruang rumah saya, terimakasih sebelumnya

  36. assalamualaikum mbak ratna…saya mau tanya mbak lantai teras rumah saya warnanya hijau,warna apa yang cocok untuk dinding rumahnya.terima kasih

  37. aq baru bingung mau memadukan warna tembok rumah aq,….karena warna genteng atap adalah coklat muda baiknya warna dinding cocoknya dengan warna apa ya,,,,,

  38. Dear
    Mbak Ratna, rumahku baru aja di perbaiki, bingung banget buat cat dinding ruang tamu, dan dinding luar. mau dong di kasih saran untuk :
    1. Dinding ruang tamu – pengennya coklat yang soft banget
    2. dinding luar – kusennya dan pintu udah pelitur coklat tua dan lantai terasnya Abu-abu tua.

    terimakasih bantuannya

  39. saya dah duduk rumah baru dah 2 tahun,kini rumah tersebut sudah pun saya cat ,tp yang menjadi masaalah saya adalah warna yang saya cat tersebut tidak menampakkan kecerian pada rumah saya,jadi saya minta tuan dapat membantu rumah saya ,rumah tersebut adalah rumah teres setingkat.

  40. saya mohon pandangan bernas,apakah warna yg sesuai utk rumh sy krn bumbung berwarna hijau.
    warna rumh juga hijau sekarang tp ingin bertukar warna lain…
    saya x tahu apakah warna lain yg sesuai bg menggantikn warna rumh

    sila reply ke alamat email saya
    jutaan terima kasih diucapkan

  41. dinding rmh saya bwarna kuning cair, jadi apa yg boleh tukarkn wrna tersebut supaya cat dlm rumah saya terasa panas..adakah bnda tersebut ada kaitan dgn haba lampu..

  42. Rumah saya hampir siap tinggal 20% ajer lagi saya keliru untuk memilih warna luar dinding rumah. warna apa yang sesuai ye?

  43. hai,,sy sgt2 xtahu untuk memilih warna bg dinding rumah sy..rumah sy aga sempit,konsep yg sy inginkan adalah segar,moden dan kontemperari,,harap dapt diberi pendapat

  44. saya ingin tahu, warna yang bersesuai untuk hall rumah saya. perabut berwarna merah hati rotan , curtan berwarna tanah kekuningan. Sekarang warna dindin berwarna putih cream. Warna apa yg sesuai yg anda boleh rekomenkan. saya ingin menukar warna diding meja makan, dan hall di ruang tv. harap dapat menolong dengan idea yang bagus.

  45. saya inginkan suasana kamar tidor yang menarik dan sedap mata memandang jadi ingin bertanya bagaimanakah hendak memilih warna cat yang lebih menarik untuk kamar tidor anak saya.

  46. Mbak aku mau tany..bagus nya warna apa yang cocok untuk warna rumah saya di bagisn ruangan, di luar dan di dalam kamr,,,sebab keramik rumah saya berwarna hijau,,,jadi bagus nya warna apa ya mbak,,,??sebab saya suka dengan warna hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s