PC GAMES

insaniquarium_ss1.jpgKami sekeluarga memang senang nongkrong di depan komputer. Sudah pasti tidak ada hari tanpa nge-games. Dari bapaknya sampai si bungsu yang 2,5 tahun semua pasti ‘lemes’ kalau sehari aja ngga main. Saya akan ‘ngabibita’ sedikit dengan mengulas sedikit game-game yang kami favoritkan.

1. Insaniquarium Deluxe
Ini favorit saya dan anak-anak. Selain memang mengasyikkan dan mudah dimainkan (kontrol cukup pakai mouse) produk dari GameHouse ini menurut saya cukup edukatif untuk anak-anak usia prasekolah.
Dalam permainan ini, kita diajak untuk belajar menyayangi binatang peliharaan (ikan). Harus selalu diberi makan agar tetap hidup dan bisa tumbuh menjadi ikan yang produktif (menghasilkan uang). Selain itu, kita juga harus bisa menjaga ikan-ikan peliharaan tersebut agar aman dari serangan monster.
Selain itu, kita juga diajak untuk berpikir efektif dan efisien dalam menggunakan uang kita. Mau dipakai apa? Apa yang harus didahulukan untuk dibeli? Meng-upgrade kualitas/kuantitas pakan ikan, membeli ikan karnivora yang akan menghasilkan lebih banyak uang, membeli senjata untuk menyerang monster, atau membeli telur ikan pilihan? Senang rasanya mengamati anak-anak mencoba mengambil keputusan pada waktu yang sempit.
Cuma ada satu ‘kelemahan’ dari game ini: mouse cepat rusak,hehe. Karena dalam satu detik saja kadang harus bisa mengklik sampai beberapa kali. Buat ngambilin koin yang seperti hujan (ketika ikan-ikan kita sangat produktif) sambil ngasih makan ikan yang bejibun di tank.

2. Call of Duty 2, Brother in Arms, Battle Field 2, Rainbow Six
Saya tidak suka semua games perang ini. Tapi anak sulung saya sangat memfavoritkan semua sejak umur 3,5 tahun. Sempat khawatir juga, karena sejak keranjingan games ini anak saya jadi tentara mania. Baju tiap hari harus seperti tentara (loreng, atau hijau tentara) mainan cuma pistol, bedil, granat, tank tidak berminat pada mobil-mobilan atau yang lain, suka acara televisi yang ada tentaranya, bahkan kalau di jalan ketemu orang yang cuma pakai baju tentara saja ia bisa tertegun dan tersenyum-senyum sendiri. Saya juga pernah takut anak saya jadi ‘kejam’ karena (walau bukan nyata) sering menembaki, mengebom dan menggranat musuh (baca:orang). Tetapi kekhawatiran saya sirna setelah perlahan melihat anak saya mulai tidak terlalu army oriented. Mulai mau bermain yang lain, baju sudah biasa, dan dia selalu bilang ,”Ini kan cuma mainan…” kalau saya tanya tentang kenapa dia berani berperang, padahal serem, banyak musuh, kalau kena ranjau gimana. Dan yang pasti sampai saat ini, anak saya tidak pernah menunjukkan sikap-sikap negatif yang berkaitan dengan games ini.

3. Pro Evolution Soccer 6
Ini sih favorit bapaknya anak-anak. Saya dan anak-anak kurang berminat, karena susah maininnya. Pake joystik buat PS. Banyak macam yang harus dipencet. Sebenarnya game bola satu ini bagus, seperti aslinya. Dari nama klub yang memang ada di dunia nyata, pemain-pemainnya juga nyata (dari nama, wajah sampai kemampuan bermain bola), wasit, pelatih, seragam, suporter plus yel-yelnya semua disesuaikan dengan yang ada di dunia nyata. Cuma mungkin karena saya tidak suka nonton pertandingan bola, ya cuma itu yang saya bisa apresiasi tentang game ini.
Tapi game ini memang paling populer di tempat kerja suami saya. Kalau ada waktu senggang, pasti langsung pada ngerubutin laptop buat bertanding atau setidaknya ngabobotohan. Begitu pula kalau suami ketemu adik-adik saya (cowok semua),pasti mereka akan langsung bertanding.

Masih banyak games yang lain, yang bagus, yang asyik. Tapi yang dan tidak membosankan bagi kami ya yang disebutkan di atas tadi. Cuma ada hal yang kami pegang, jangan sampai berlebihan dan melenakan. Jangan sampai lupa shalat, makan, mandi, beres-beres rumah, atau jadi tidak pernah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar rumah gara-gara keasyikan main komputer.

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “PC GAMES

  1. eraeres

    minta downloadnya atuh Neng !

  2. dddddddddddddddcccccccccxxxxxxxx

Leave a Reply

