PDA, GADGET ALTERNATIF BUAT IBU RUMAH TANGGA

clie.jpgTahun 2004 lalu, saya diberi PDA (Personal Digital Assistant) oleh suami. Ngga baru sih, warisan dari beliau yang merasa PDA tersebut sudah tidak up to date lagi. Bukan jenis Pocket PC, tapi Palm. Saya sih senang-senang aja. Meski awalnya belum terbayang mau dipake apa.

Minggu-minggu pertama saya cuma pakai buat main games pas mau tidur malam. Nunggu ngantuk banget. Waktu itu games favorit saya Bejeweled, Card House, Scrabble dan Bookworm. Selain nge-games, saya juga pakai buat ngerekam video atau motret anak saya.

Setelah lebih menjelajah ke dalamnya, ternyata jauh lebih asyik. Banyak sekali program yang sudah terpasang disitu. Tapi memang masih dalam style dan keperluan suami saya. Akhirnya PDA di install sesuai kebutuhan saya. Saya uraikan nih program-program (meski ngga semua) yang bikin saya ketergantungan dengan benda satu ini.

1. Date Man,
Lebih tepat diartikan buku harian mungkin ya. Di dalamnya kita bisa mengisi jadwal-jadwal appointment, to-do list, event, lengkap dengan reminder/ alarm mi-di ringtones, ada Daily Journalnya juga buat yang hobi ngisi diary, plus tampilan background dan huruf yang bisa di desain sendiri dengan warna-warni.

2. Splash Money,
Program ini saya pakai sebagai catatan keuangan keluarga. Bisa bikin account untuk catatan keuangan harian, rekening bank, dan lain-lain. Semua pemasukan dan pengeluaran bisa di kategorikan. Sehingga setiap waktu bisa dilihat pie-chartnya. Misalnya pengeluaran buat family (sub-categoriesnya bisa recreation, food, clothes, etc.) hari ini sudah berapa persen dari jatah bulanan n jumlah rupiahnya berapa. Terus household (belanja dapur, bayar listrik, dll), pemasukan (salary, bonus, dll), tabungan (bank,celengan, arisan) berapa… Jadi Insya Allah keuangan rumah bisa terkontrol.

3. Splash Shopper,
Catatan belanja. Di dalamnya berisi rencana belanja apa, berapa banyak, dimana, perkiraan harga, harga sebenarnya dan check list. Sebenarnya bisa lebih dari itu sih. Cuma saya sudah merasa cukup dengan tahu dan menggunakan sebegitu.

4. La Femme,
Mencatat daur datang bulan/ haid. Dari catatan tersebut bisa diprediksikan kapan tanggal haid bulan depan, masa haid berapa lama dan kapan terjadi ovulasi. 90% prediksinya benar, kalau meleset paling cuma beda 1 hari. Mungkin ini terbantukan karena haid saya teratur. Saya pakai La Femme ini juga untuk program KB. 2 tahun ‘selamat’. Tapi akhirnya jebol juga, hehe… namanya juga program buatan manusia. Ya ngga?

5. Holy Qur’an,
Al Qur’an dalam tulisan Arab plus terjemahannya. Bisa disearch mau surat berapa ayat berapa. Asyiklah kalo pengajian. Ga usah bawa kitab yang tebel dan berat.

Itu The Big Fivenya buat saya. Yang lain sih standar aja kali ya. Tapi bagus-bagus juga sih. Ada Document To Go buat nyimpen file-file donlod-an seperti resep-resep masakan dan artikel-artikel dari majalah online. Terus ada Address Book yang lengkap profil,trus MP3, Animator (yang mirip PaintBrush), ya…pokonya bisa dipasang-dicopot. Banyak macamnya kalo mau download program-program buat PDA di internet. PDA saya yang jadul aja udah useful banget, apalagi yang keluaran baru-baru ini.

3 Comments

Filed under Uncategorized

3 responses to “PDA, GADGET ALTERNATIF BUAT IBU RUMAH TANGGA

  1. siiip deh🙂
    yang model baru lebih yahud…minta lagi ke suwami dong …hehehe *jangan lupa pakai jurus senggol-senggol*

  2. Iya nih…jauh banget sama yang saya punya. Wah Cak, jangankan cuma senggol-senggol, saya tabrak-tabrak juga ngga dikasih…😦 Hiks!

  3. as

    itung-itung jalani bulan RAMADHAN dan persiapan cerah di hari raya,,,, cepet ke sini…. http://tinyurl.com/6794pr
    jangan anggap remeh lho…tar nyesel aje, sriuzzz.. saya sendiri udah buktiin..

Leave a Reply

