memilih nama untuk anak

abcd.jpgSampai hari ini anak ketiga saya belum punya nama lengkap. Baru punya huruf awal: Z, biar seragam sama kakak-kakaknya dan nama belakang saja: Muhammad, yang merupakan nama keluarga, dari nama bapaknya anak-anak.

Meski Shakespeare bilang: “What’s in a name? That which we call a rose, by any other name would smell as sweet.”
Tapi bagi saya nama itu penting. Bukan sekedar brand image dan do’a belaka. Tapi sebuah nama akan disandang seumur hidup oleh anak kita. Saya ngga mau asal memberi nama, terus anak saya jadi bahan olok-olok kawan-kawannya karena namanya aneh.
Bagi saya, orangtua memberi nama anaknya minimal punya arti bagus. Sehingga kalaupun si anak ‘ngga selera’ dengan namanya sendiri, ia akan menghargai jerih payah orangtuanya yang memberi nama dengan arti yang bagus untuknya.Selanjutnya…

14 Comments

Filed under Artikel Lepas

14 responses to “memilih nama untuk anak

  1. emang susah milih nama mbak, apalagi nama itu bakalan dipake selamanya. saran saya, pikirin aja dulu mateng2 biar nantinya nggak nyesel. btw, salam kenal ya. blognya keren…

  2. Guh

    Bener, jangan arab banget. Tapi kalau memang raut mukanya arab, kenapa nggak? Yang aneh itu kalau wajahnya indonesia, tapi namanya arab, dah gitu nama teroris pula, he he.

    Btw, nama muslim harus dari bahasa arab ya?

  3. @ Ya. Pikirin matang-matang… Tapi jangan kelewat lama ya, ntar gosong🙂
    Salam kenal juga.

    @ Guh
    Rautnya apa ya? Belum jelas…
    Ngga juga. Cuma masalah identitas aja…

  4. ada nama2 sundanya donk mbak? ato nama nusantara, jadi kelihatan identitas ke indonesiaannya….

  5. zavier ali muhammad???

    uhuk.. kok keren banget mba??
    setuju mba kalo adeknya diberi nama itu. asyik banget kerasa unik banget😆

  6. anung

    wah dari nama kakaknya udah keren semua, yang terakhir ini juga bagus. Ada situs khusus buat nama anak muslim Mbak? saya rasa pilihan namanya mantab, begus dan (maap) nggak pasaran, maklum awal tahun 2000an saya tau banyak sekali anak bernama Raihan (karena nama grup nasyid kali ya) dan tahun 2007 kemarin beberapa teman saya yang tidak saling mengenal satu sama lain nama panggilan anaknya Azka semua, mengikuti trend mungkin ya.

  7. @ Resi Bismo
    Dulu sempat kepikiran. Tapi bapaknya anak-anak campuran Riau-Jawa jadi agak susah mixingnya. Cari yang paling gampang deh, dan lebih general…(Itu juga susah n lama bikinnya)

    @ almascatie
    O ya?

    @ anung
    Gimana dengan nama “Muhammad” di belakangnya? Pasaran juga ngga? Saya ngambil nama ini karena selain suka, itu juga nama bapaknya anak-anak…

  8. anung

    Wah, lain perkara Mbak, takut saya. Muhammad kan nama manusia terbaik, begitu juga nama-nama nabi lainnya itu nama yang eternal, selamanya indah dan mempunyai arti mulia.

  9. wah, maaf mba, kalo saya blom bisa bantu saran masalah nama nih, saya sendiri juga bingung gimana cara milih nama yang bagus.

  10. Nama adiknya sama dengan anak pertama saya…Narpati. Narpati, artinya Raja atau pemimpin.
    Memang sebaiknya nama anak dipikirkan matang-matang, karena juga merupakan sebuah doa, ingin seperti apa anak kita kelak.
    Semoga segera mendapatkan nama yang berarti baik…..sekaligus didoakan agar si anak berwatak seperti namanya.

  11. what is in a name menurut saya nggak bisa diartikan “apalah arti sebuah nama”, akan tetapi harusnya diartikan sebagai “apakah arti dalam sebuah nama”

  12. andika

    kalo saya pengalaman istri sesar,en kebetulan ekonomi gue lagi carut marut nih, so teman gue nyaranin pake aja nama : Zesar sukarni ZauBRI artinya Sesar pastilah operasi sesar , en sukarni artinya susah keluarnya, ZauBRI biaya operasinya pinjam di Bank BRI ,he..he…! keren ga?

  13. Web ini sangat bagus sekali, lain waktu saya akan berkunjung lagi ke situs ini.
    Thank’s.

  14. Harisdkk

    Wahh… kok kayaknya kita sehati ya😀 nama anak laki pertama saya juga awal depan “Z” dan nama belakang “Muhammad” lengkapnya sih “Zenith Shalahan Muhammad” artinya Zenith nama bintang tertinggi, Shalahan artinya Kejujuran, seperti yang kita tau kalo Muhammad itu nama Nabi dan juga kebetulan nama dari kakek saya, jadi artinya Bintang yang Menjunjung Tinggi Kejujuran seperti Nabi Muhammad.
    Dan Insya Allah Akhir bulan September lahir anak ke-2 saya, hehehe….

Leave a Reply

